bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Lafal Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Memahami Makna dan Lafal Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Tuntunan Lengkap untuk Memaksimalkan Ibadah di HariHari Penuh Berkah ini

Puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijjah. Sedangkan puasa Arafah dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah. Dua puasa ini hukumnya sunnah untuk umat Islam yang tidak sedang menunaikan ibadah haji. Adapun bagi para Muslim yang sedang melaksanakan rukun Islam yang kelima itu makruh mengerjakan puasa tersebut menurut Imam Nawawi.

Puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki keutamaan yang sangat besar bagi yang melaksanakannya. Ustadz Sunnatullah, Pengajar di Pondok Pesantren Al-Hikmah Darussalam Durjan Kokop Bangkalan, Jawa Timur dalam tulisannya di NU Online menerangkan keutamaan dua puasa tersebut. Yaitu, Allah swt akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah saw, yang artinya, “Puasa hari Tarwiyah bisa menghapus dosa setahun.

Sedangkan puasa hari Arafah bisa menghapus dosa dua tahun.” (HR Ibnu Abbas dan Ibnun Najjar dalam Jam’ul Jawami’). "Dua puasa ini sangat dianjurkan dalam Islam, karena Rasulullah selalu melakukannya dan memiliki faedah sangat besar," tulis Ustadz Sunnatullah.