bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

8 Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Cara memperbaiki skin barrier yang rusak dapat menjadi solusi bagi kulit yang sering mengalami masalah seperti gatal kasar atau mudah berjerawat

Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang berfungsi melindungi tubuh. Skin barrier terdiri dari sel-sel kulit yang keras, protein, dan asam lemak. Komponen tersebut berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit serta melindungi kulit dari radikal bebas, kuman, zat kimia berbahaya, dan paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari.

Skin barrier yang sehat dapat menghalangi air dalam tubuh menguap melalui pori-pori kulit, sehingga tidak terjadi dehidrasi dan kulit juga tidak kering. Itulah sebabnya, jika skin barrier rusak, bisa muncul keluhan berupa kulit kasar, kering, kusam, dan bersisik.

Selain itu, karena lapisan pelindungnya rusak, kulit menjadi lebih sensitif, sehingga mudah mengalami iritasi, jerawat, infeksi, dan berbagai masalah kulit lainnya. Kondisi ini bisa membuat kulit gatal, perih, kemerahan, dan akhirnya muncul bercak-bercak hitam.

Bila kulit Anda sering bermasalah atau sangat sensitif, bisa jadi ini akibat barrier kulit yang rusak. Untuk mengatasinya dan membuat kulit kembali sehat, ada beberapa cara memperbaiki skin barrier yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Penyebab Skin Barrier Rusak

Langkah awal untuk memperbaiki skin barrier adalah menghindari hal-hal yang dapat merusak lapisan pelindung kulit ini. Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab rusaknya skin barrier, yaitu:

Penggunaan sabun atau produk dengan kandungan bahan kimia yang keras untuk kulit, seperti sodium lauryl sulfate (SLS), alkohol, dan pewangiPaparan bahan pemicu alergi (alergen), penyebab iritasi (iritan), polusi, dan sinar UVPengelupasan kulit (eksfoliasi) secara berlebihanKondisi udara yang terlalu kering, misalnya karena seharian berada di dalam ruangan ber-ACTidak rutin mengoleskan losion atau pelembab kulit

Inilah Cara Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

Selain mengobati gangguan pada kulit sesuai dengan penyebabnya, skin barrier yang rusak juga perlu diperbaiki. Dengan begitu, gangguan di kulit akan lebih cepat sembuh dan tidak muncul gangguan atau penyakit kulit lainnya.

Ada beberapa cara memperbaiki skin barrier yang efektif dan bisa dilakukan sendiri di rumah secara rutin, yaitu:

Gunakan air dingin saat mandi

Mandi dengan air yang terlalu panas akan mengikis lapisan minyak alami pada skin barrier yang berfungsi menahan air di dalam kulit. Akibatnya, kulit menjadi kering.

Untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada skin barrier dan membantu proses perbaikannya, Anda disarankan mandi dengan air dingin atau air hangat suam-suam kuku. Selain itu, jangan mandi terlalu lama, cukup 5–10 menit saja.