bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Manfaat Daun Gedi bagi Kesehatan

Mengungkap Rahasia Alam Manfaat Luar Biasa Daun Gedi untuk Meningkatkan Kesehatan dan Vitalitas Anda

Daun gedi (Abelmoschus manihot L.) adalah salah satu tanaman berkhasiat tinggi yang banyak tumbuh di wilayah Asia, terutama Tiongkok dan Indonesia. Selain sebagai bahan makanan, daun ini telah lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional atau obat herbal.

Jenis daun gedi yang banyak tumbuh di Indonesia ada dua, yaitu daun gedi warna hijau dan merah. Keduanya sering ditemukan dalam berbagai menu makanan khas Sulawesi, seperti tinutuan (bubur Manado) atau tumis sayur gedi.

Manfaat Daun Gedi

Berikut adalah beberapa manfaat daun gedi bagi kesehatan tubuh:

. Meredakan nyeri

Daun gedi sering digunakan sebagai pereda nyeri alami. Khasiat ini diduga ada berkat kandungan senyawa bioaktif di dalamnya yang memiliki efek antinyeri (analgesik). Jus daun gedi juga telah banyak dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk membantu mengatasi nyeri, terutama nyeri akibat keseleo.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Daun gedi memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Meski perlu dikaji lebih lanjut, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi daun gedi secara rutin mampu menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang, menghambat pengeroposan tulang, sekaligus mencegah osteoporosis.

3. Meningkatkan fungsi ginjal

Ekstrak daun gedi juga diketahui berkhasiat dalam meningkatkan fungsi ginjal, khususnya pada penderita penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes (nefropati diabetik).

Manfaat daun gedi yang satu ini telah didukung oleh beberapa penelitian yang menunjukkan perbaikan sel ginjal pada pasien cedera ginjal setelah pemberian ekstrak daun gedi selama sekitar 6 bulan.