bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Manfaat Pisang Kepok untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Banyak sekali jenis buah pisang yang bisa kamu temui mulai dari pisang raja pisang susu pisang ambon dan pisang kepok Manfaat pisang mungkin sudah banyak kamu tahu

Pisang kepok memiliki ciri khas, yaitu kulitnya cukup tebal dengan rasa yang tidak semanis pisang lain pada umumnya. Tekstur dagingnya pun lebih padat sehingga pisang jenis ini lebih banyak dijadikan bahan olahan, dibandingkan dengan langsung dikonsumsi. Kolak pisang, keripik pisang, hingga pisang rebus merupakan camilan yang menggunakan pisang kepok sebagai bahan bakunya. 

Tak jauh berbeda dengan jenis pisang lainnya, pisang kepok juga memiliki nutrisi yang begitu beragam. Sebut saja karbohidrat kompleks, protein, serat, magnesium, kalium, zat besi, vitamin A, dan C. Tak ketinggalan, mineral penting seperti fosfor, zinc, folat, vitamin B6, dan bermacam antioksidan, seperti flavonoid, beta karoten, dan lutein.

Berbagai Manfaat Pisang Kepok yang Jarang Diketahui

Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam pisang kepok membuat buah tersebut tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa saja manfaat yang dimiliki jenis pisang ini, berikut beberapa di antaranya:

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Serat yang terkandung dalam pisang kepok mampu membantu menurunkan penyerapan kolesterol tubuh, sehingga kadar kolesterol dalam darah pun menurun. Tak hanya itu, kandungan kalium dalam buah pisang ini juga diduga mampu membantu menurunkan tekanan darah sekaligus membuatnya tetap stabil. Inilah mengapa pisang kepok disarankan untuk menjadi salah satu buah yang dikonsumsi bagi pengidap penyakit jantung dan hipertensi.