bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Cara Mudah Perbaiki Pintu yang Turun Tanpa Tukang

Pintu merupakan komponen utama dalam sebuah bangunan serta sebagai jalur keluar masuknya penghuni rumah

Pintu merupakan komponen utama dalam sebuah bangunan serta sebagai jalur keluar masuknya penghuni rumah. Setiap pintu yang berada di rumah harus dibuat sesuai dengan ukuran dan postur penghuninya agar mudah dan nyaman digunakan. Kebanyakan orang Indonesia sendiri biasanya menggunakan bahan baku kayu untuk pintu dan jendela dirumahnya. Secara estetika memang pintu dan jendela kayu terlihat lebih elegan dan cocok diaplikasikan dalam desain rumah bergaya apapun.

Namun kekurangan dari pintu kayu adalah ukurannya yang bisa berubah-ubah seiring waktu. Pintu kayu bisa memuai dan menyusut karena perubahan cuaca. Pada saat cuaca panas, pintu akan memuai sehingga ukurannya bisa bertambah panjang. Sedangkan saat sedang dingin, ukuran pintu bisa mengecil. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun jika dibiarkan terus menerus akan membuat pintu turun dan tidak bisa dibuka ataupun ditutup. Jika saat ini Anda menghadapi masalah pintu turun, Anda tidak perlu khawatir karena proses perbaikannya mudah, cepat, dan murah.

Penyebab Pintu Bisa Turun

Sebelum membahas tentang cara memperbaiki pintu yang turun, Anda harus tahu apa saja penyebab terjadinya hal ini. Ada penyebab beberapa pintu turun, yang pertama yaitu pintu yang memuai. Seperti yang sudah dibahas diatas pintu kayu cenderung bisa berubah karena faktor perubahan cuaca yang ekstrim. Jadi pastikan untuk memilih kayu dengan kualitas yang bagus seperti kayu jati, ulin, merbau atau kamper untuk penggunaan jangka panjang yang lebih baik.