bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Manfaat Telur Asin yang Jarang Diketahui

Ada banyak manfaat telur asin bagi kesehatan terutama untuk mata otak dan otot Beragam kandungan nutrisi di dalamnya

Telur asin merupakan telur yang diawetkan menggunakan garam. Jenis telur yang lebih sering dipakai adalah telur bebek dibandingkan telur ayam. Ini karena telur bebek dianggap memiliki kualitas cangkang yang baik dalam menyerap garam, sehingga lebih awet dan tahan lama.

Telur asin yang menggunakan telur bebek juga memiliki kandungan nutrisi lebih banyak, terutama protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Dengan begitu, manfaat telur asin yang diperoleh pun lebih maksimal.

Berbagai Manfaat Telur Asin

Berikut ini adalah berbagai manfaat telur asin bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan mata

Seperti yang telah disebutkan di atas, telur asin mengandung vitamin A yang cukup banyak. Jumlah tersebut dapat memenuhi asupan vitamin A harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya, yaitu antara 2.300–3.000 IU.

Ditambah lagi, telur bebek juga mengandung beta karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Salah satu manfaat vitamin A adalah menjaga kesehatan mata. Vitamin ini digunakan oleh tubuh agar retina mata berfungsi dengan baik dan kornea mata terjaga kelembapannya.

2. Mencegah risiko degenerasi makula

Vitamin A dan beta karoten yang terkandung dalam telur asin juga dapat menurunkan risiko terkena degenerasi makula terkait usia, yaitu gangguan penglihatan yang terjadi pada lansia. Tidak hanya itu, mencukupi kebutuhan asupan vitamin A juga dapat mencegah penyakit katarak.