bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Makanan Khas Jawa Tengah

Makanan khas Jawa Tengah mungkin tidak asing bagi warga asli atau masyarakat yang berasal dari provinsi

Makanan khas Jawa Tengah mungkin tidak asing bagi warga asli atau masyarakat yang berasal dari provinsi tersebut. Namun hidangan tradisional selalu menarik bagi wisatawan atau warga pendatang yang baru mengunjungi daerah ini.

Hidangan Jawa Tengah mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi di wilayah ini. Mulai dari hidangan berbahan dasar nasi, daging, sayuran, hingga olahan kue tradisional menjadi daya tarik wisata di Indonesia.

Makanan Khas Jawa Tengah

Dikutip dari ebook Jalan dan Jajan di Jawa Tengah yang diterbitkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, berikut beberapa kuliner yang bisa dicoba

Bandeng Presto

Olahan bandeng presto mungkin ditemukan juga di wilayah selain Jawa Tengah. Namun bandeng presto dari Kota Semarang, Jawa Tengah ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Kurang lengkap rasanya mengunjungi Semarang tanpa menikmati bandeng presto.

Hidangan ini berasal dari ikan bandeng yang direbus dengan panci bertekanan tinggi, hingga duri dan tulangnya lunak. Daging ikannya pun dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat.

Kini, bandeng presto menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari kota Semarang. Ikan bandeng yang dijual pun terdiri dari beragam jenis yaitu bandeng teriyaki, otak otak bandeng, dan bandeng vacuum.