bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

Daftar Aplikasi Penambah Memori

Optimalkan Kapasitas Memori Smartphone Anda Daftar Aplikasi Penambah Memori Terbaik untuk Performa Gadget Maksimal

Yuk Ketahui Daftar Aplikasi Penambah Memori Yang Aman Digunakan – Setiap smartphone pasti dilengkapi dengan memori internal yang berbeda-beda pada setiap smartphone.Untuk smartphone yang memiliki kapasitas memori internal kecil, rasanya sangat terbatas untuk bisa menyimpan file.Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan Aplikasi Penambah Memori smartphone.

Aplikasi yang akan direkomendasikan di bawah ini bisa di install di smartphone dengan sistem operasi Android. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan karakteristiknya masing-masing.Pengguna yang ingin menginstal aplikasi dapat menyesuaikannya dengan karakteristik smartphone dan kebutuhannya.Ulasan selengkapnya dapat disimak pada uraian berikut.

Pengertian Dan Cara Kerja RAM

Secara teknis, pengertian RAM adalah sebuah perangkat memori di dalam telepon seluler yang fungsinya untuk menyimpan sementara data perintah dari suatu sistem atau aplikasi.Ada beberapa fungsi RAM pada ponsel selain yang telah dijelaskan pada pengertian RAM sebelumnya yaitu berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi yang sedang berjalan.Selain itu juga berfungsi untuk menyimpan data acak dari sistem dan aplikasi saat sedang beroperasi.

Data yang dibutuhkan oleh aplikasi yaitu RAM. Namun saat aplikasi ditutup, semua data aplikasi di RAM akan terhapus. Pada dasarnya dengan bantuan RAM, aplikasi dan sistem di ponsel Anda dapat berjalan dengan lancar dan dapat merespon perintah pengguna smartphone dengan cepat.Contoh sederhana pengertian RAM yang bisa dirasakan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut!

Saat Anda menggunakan ponsel untuk mengolah foto menggunakan aplikasi tertentu, besaran RAM yang dimiliki ponsel akan mendukung kelancaran saat menggunakan aplikasi tersebut. Hal yang sama juga terjadi saat Anda menggunakan smartphone untuk menjelajah dunia maya atau membuka aplikasi ponsel lainnya.

Prinsip dasarnya adalah semakin besar RAM yang dimiliki ponsel Anda, semakin lancar proses atau pekerjaan yang akan dilakukan ponsel Anda. Masalah utama dengan RAM adalah tidak dapat dibersihkan dengan benar. Memori di RAM akan terisi dan terhapus secara otomatis saat aplikasi sedang berjalan di ponsel Anda. Beberapa proses dari aplikasi bisa tetap berjalan dengan lancar, saat Anda telah selesai menggunakannya.

Dan tentu saja aplikasi dan proses ini masih membutuhkan RAM ponsel Anda juga.Selain itu, beberapa memori proses dalam aplikasi mungkin tidak dihapus secara otomatis meskipun Anda tidak menggunakannya. Setelah beberapa waktu, maka jejak proses memori yang tertinggal akan menimbulkan berbagai masalah kecil yang berdampak buruk.

Berdasarkan pengertian RAM dan penjelasannya, tentunya RAM sangat dibutuhkan dan kamu pasti membutuhkan aplikasi penambah RAM! Karena yang bisa Anda lakukan hanyalah menggunakan RAM secara efisien, atau membuat RAM virtual dari jenis penyimpanan lain yang tersedia di ponsel cerdas Anda.

Daftar Aplikasi Penambah Memori

Beberapa aplikasi penambah RAM ini bekerja sesuai dengan prinsip kerja RAM seperti yang telah dijelaskan mengenai pengertian RAM dan sistem kerjanya. Beberapa aplikasi tersebut adalah sebagai berikut!

1. Smart Booster Pro

Salah satu masalah dengan RAM seperti yang dijelaskan pada bagian pemahaman RAM dan cara kerjanya adalah bahwa beberapa proses memori dalam suatu aplikasi tidak dapat dibersihkan secara otomatis, sehingga aplikasi ini menawarkan pembersihan cache dan kartu SD yang cepat, sekaligus mengoptimalkan perangkat dengan hibernasi dan penonaktifan aplikasi yang tidak berguna.

Selain itu, ia juga menawarkan peningkatan RAM untuk membuat kapasitas RAM lebih luas. Tentunya apa yang ditawarkan aplikasi ini sangat membantu mengatasi masalah RAM smartphone yang kecil. Bagaimana, bermanfaat bukan, aplikasi yang satu ini? Semuanya ditawarkan dengan cara yang sangat mudah.

2. Ram Booster Extreme

Aplikasi yang satu ini membersihkan hanya dengan sekali klik sehingga bisa menambah kecepatan. Selain itu, Anda juga dapat mengontrol penggunaan RAM agar kapasitas RAM smartphone Anda terlihat meningkat, karena performa smartphone lancar dan jauh dari lagging. Kamu juga bisa memilih level boost dari normal, strong, hingga extreme.

3. Ram Optimizer

Aplikasi ini dirancang khusus untuk ponsel tipe Android.Perangkat Anda dapat berjalan lebih lancar dengan menggunakan aplikasi ini.Selain itu dapat meningkatkan kecepatan smartphone, membersihkan tugas atau aplikasi yang bekerja di background tanpa Anda sadari.Baterai ponsel Anda juga lebih hemat karena aplikasi ini.

4. Ram Manager

RAM Manager merupakan salah satu jenis aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimalkan memori smartphone. Memori menjadi lebih leluasa sehingga membuat kapasitas RAM bertambah secara virtual. Fungsi lain selain itu adalah RAM Manager dapat mengurangi lag sekaligus meningkatkan kecepatan sehingga aktivitas multitasking dan bermain game dapat berjalan dengan lancar.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui informasi memori pada smartphone Anda.

5. Ram Expander

Prinsip kerja RAM seperti yang telah dijelaskan pada bagian pengertian RAM dan sistem kerja sebelumnya adalah semakin besar RAM yang dimiliki tentunya akan semakin lancar proses kerja suatu aplikasi. Aplikasi yang satu ini membuat kapasitas RAM menjadi lebih luas dan tidak penuh.

Selain itu, ini dapat membantu membuat file swap untuk VM dengan kapasitas hingga 4 GB.Hal ini membuat RAM menjadi kosong meski diisi dengan banyak aplikasi. Selain itu, dengan menggunakan fitur ini dapat membuat aktivitas multi-tasking dan bermain game kelas berat menjadi lebih lancar.

6. < 2 Gb Ram Booster (Fastest)

Sebagian besar dari aplikasi ekspansi RAM virtual yang tersedia di Google Play Store ini, selalu meminta akses root, yang akan menghambat sebagian besar pengguna. Banyak pengguna yang akhirnya memutuskan untuk tidak memiliki akses root dari ponselnya. Banyak sekali tips menambah RAM tanpa root yang dibutuhkan.

Aplikasi ini bisa digunakan pada tipe smartphone yang tidak di root.Kapasitas RAM smartphone Anda sepertinya bertambah, selain itu sangat aman digunakan untuk bermain game ‘kelas berat’.Semuanya bisa dilakukan oleh Anda yang memiliki smartphone dengan RAM kecil. Semua hal ini dapat diperoleh hanya dalam satu ketukan tanpa perlu melakukan pemrosesan apa pun.

7. Ram Memory Booster

Aplikasi yang satu ini tidak membutuhkan akses root dari HP kamu. Ukuran aplikasi ini juga terbilang ringan karena tidak banyak membutuhkan ruang penyimpanan. Bagi anda yang ingin bermain game kelas berat seperti game online yang sudah banyak dimainkan oleh kalangan remaja namun ram hp anda tidak mendukung maka aplikasi ini adalah jawabannya. Performa ponsel Anda dapat disederhanakan hanya dengan satu sentuhan.

8. Ram Manager – Memory Boost

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk membuat smartphone menjadi lebih cepat, terutama saat digunakan multitasking. Sangat berguna untuk mengoptimalkan dan mendongkrak RAM smartphone Anda, sesuai dengan permintaan Anda sebagai pengguna.

Hal yang menarik dari aplikasi ini adalah bisa digunakan untuk semua jenis smartphone, termasuk Android. Anda juga bisa melakukan hal lain untuk menambah RAM ponsel, seperti menonaktifkan animasi, mematikan aplikasi tertentu di ponsel, hingga membatasi widget dan live wallpaper di ponsel.

Penyebab Memori Internal Penuh

Untuk mengetahuinya, kamu bisa simak poin-poin penjelasan berikut ini.

Penumpukan File Sampah

File sampah dan file cache yang tidak pernah dibersihkan bisa membuat memori internal penuh. Untuk membuktikannya, Anda bisa melakukan scan menggunakan aplikasi pembersih yang disertakan dengan ponsel Android Anda.

Tumpukan File Dan File Media

Selain cache, file dan file media seperti dokumen, foto, video, audio, dan sejenisnya juga bisa menyebabkan memori internal penuh. Coba periksa jepretan kamera dan kiriman media WhatsApp.

Pengunduhan Video Offline Youtube

Video offline YouTube juga menyebabkan memori internal penuh.Jika Anda memiliki video offline, kami sarankan untuk mengubah pengaturan unduhan video ke memori eksternal (MicroSD).

Pengguna Tidak Menggunakan Memori Eksternal

Alasan lainnya adalah Anda tidak memanfaatkan slot MicroSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Mungkin untuk ponsel dengan memori internal di atas 32 GB tidak menjadi masalah, namun untuk yang di bawah 32 GB sebaiknya tingkatkan kapasitas penyimpanannya dengan memasang MicroSD.

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Seringkali saat kita akan mendownload atau menambahkan aplikasi di Smartphone, muncul notifikasi jika memori penyimpanan sudah penuh. Padahal memori internal yang tersedia cukup besar, namun kasus seperti ini masih sering terjadi.Banyak juga kasus memori internal penuh padahal aplikasi yang terinstall hanya sedikit.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan memori internal pada smartphone cepat penuh.Bisa jadi, Anda terlalu banyak menyimpan file video, mp3 atau file lainnya. Atau bisa juga disebabkan oleh file cache yang jarang dibersihkan. Untuk mengatasi masalah memori internal yang penuh, Anda bisa mencoba mengatur penyimpanan di memori internal smartphone.

1. Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Cara pertama yang bisa Anda lakukan saat mengatur penyimpanan internal adalah dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau Micro SD. Anda bisa menggunakan memori yang memiliki kapasitas besar seperti 16GB atau 32GB. Berikut cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal.

Buka pengaturan di ponsel cerdas Anda.Kemudian pilih menu Manajemen Aplikasi, lalu Instal.Lanjutkan dengan memilih aplikasi dan klik Move to SD Card.