bxcorner.com

komunitas kesehatan pendidikan keuangan indonesia

RSF paramiliter Sudan menargetkan rumah sakit terakhir yang beroperasi di Darfur

Serangan Brutal RSF Paramiliter Sudan Menyasar Rumah Sakit Terakhir yang Beroperasi di Darfur, Mengancam Kelangsungan Hidup Warga

Paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) di Sudan telah menyerang rumah sakit terakhir yang beroperasi di wilayah Darfur, kata sebuah bantuan internasional.

Doctors Without Borders, yang dikenal dengan inisial MSF dalam bahasa Prancis, melaporkan pada Minggu malam bahwa RSF telah menyerang Rumah Sakit Selatan di el-Fasher, ibu kota provinsi Darfur Utara, sehari sebelumnya. Kelompok bersenjata tersebut menembaki staf medis dan pasien ketika mereka menjarah lokasi tersebut, sehingga memaksa fasilitas tersebut ditutup.

“Sangat keterlaluan RSF melepaskan tembakan di dalam rumah sakit. Ini bukan insiden yang terjadi satu kali saja, karena staf dan pasien telah mengalami serangan terhadap fasilitas tersebut selama berminggu-minggu dari semua sisi.

El-Fasher adalah benteng terakhir SAF di Darfur dan pusat kemanusiaan utama di wilayah yang berada di ambang kelaparan. Ratusan ribu pengungsi berlindung di sana.